Algoritma Bresenham

Posisi suatu piksel dapat diketahui atau dihitung, salah satunya dengan menggunakan Algoritma Bresenham dengan cara:

1. Input 2 endpoint, simpan endpoint kiri sebagai (x0,y0).

2. Plot titik pertama tersebut.

3. Hitung konstanta ∆x, ∆y, 2∆y, 2∆y-2∆x dan nilai awal parameter keputusan p0=2∆y-∆x.

4. Untuk setiap xk pada garis, mulai dari k = 0. Ujilah:

Jika pk < 0, plot (xk+1,yk) dan pk+1 = pk+2∆y

Jika pk ≥ 0, plot (xk+1,yk+1) dan pk+1 = pk+2∆y-2∆x

5. Ulangi langkah 4, ∆x kali.

 

Contoh soal:

Hitung posisi pixel hingga membentuk sebuah garis yang menghubungkan titik (10 , 4) dan (16 ,8) !

Jawab :

(x0,y0) = (10,4)

∆x =16-10=6  ,  ∆y=8-4=4  ,  2∆y=8  ,  2∆y-2∆x=8-12= -4

p0=2∆y-∆x=8-6=2

 

Cara mencarinya:

  • k=0

pk=p0=2

2 > 0 maka xk+1,yk+1 = 10+1,4+1= 11,5

  • k=1

pk=p0+1=pk+2∆y-2∆x

p1= 2+(-4)=-2

-2 < 0 maka xk+1,yk = 11+1,5 = 12,5

  • k=2

pk=p1+1=pk+2∆y

p2=-2+8=6

6 > 0 maka xk+1,yk+1 = 12+1,5+1 = 13,6

  • k=3

pk=p2+1=pk+2∆y-2∆x

p3=6+(-4)=2

2 > 0 maka xk+1,yk+1 = 13+1,6+1 = 14,7

  • k=4

pk=p3+1=pk+2∆y-2∆x

p4=2+(-4)=-2

-2 < 0 maka xk+1,yk = 14+1,7 =15,7

  • k=5

pk=p4+1=pk+2∆y

p5=-2+8=6

6 > 0 maka xk+1,yk+1 = 15+1,7+1 = 16,8

 

k

pk

xk+1,yk+1

0

2

11 , 5

1

-2

12 , 5

2

6

13 , 6

3

2

14 , 7

4

-2

15 , 7

5

6

16 , 8

One response to this post.

  1. Posted by guest on September 6, 2011 at 5:07 am

    makasih kakak nice info :2thumbup

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: