Mandriva Linux

Mandriva Linux ( Sebelumnya Mandrakelinux atau Mandrake Linux)  adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager .

Masa pakai produk Mandriva Linux adalah 18 bulan untuk pembaruan basis (Linux, perangkat lunak sistem,dll) dan 12 bulan untuk update desktop (window manager, web browser,dll). Server Produk menerima pembaruan penuh selama paling sedikit 24 bulan.

SEJARAH

Rilis pertama kali berbasis pada RedHat Linux (versi 5.1) dan KDE (versi 1.0) pada 23  juli 1998.

Perubahan nama

Sejak awal hingga versi 8.0, Mandrake menamai produk utamanya dengan Linux Mandrake. sedangkan versi 8.1 sampai 9.2 dinamai Mandrake Linux. Pada bulan februari 2004, mandrakesoft kalah  dalam kasus pengadilan terhadap Hearst corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst menuduh Mandrakesoft melanggar hak cipta karakter King Features bernama mandrake the magician. Sebagai tindakan pencegahan, Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil, sehingga menjadi satu kata.

Mulai dari versi 10.0, Mandrake Linux dikenal sebagai mandrakelinux, dan merubah logonya.  Pada april 2005 Mandrakesoft mengakuisisi perusahaan Conectiva, sebuah perusahaan Brasil yang menghasilkan distribusi linux berbahasa  Portugis (Brasil) dan Spanyol di Amerika Latin. akibat/hasil dari akuisisi ini dan sengketa hukum dengan Hearst Corporation, Mandrakesoft mengumumkan nama perusahaan menjadi Mandriva, dan  Mandriva Linux akan menjadi nama baru bagi produk-produknya.

FITUR

Fitur-fitur Mandriva Linux:

  • Mandriva control center, yang memudahkan konfigurasi dari beberapa pengaturan. Mandriva control center memiliki banyak program yang dikenal sebagai Drakes atau Draks, secara kolektif bernama drakxtools , untuk mengkonfigurasi berbagai pengaturan.
  • Desktop pada Mandriva linux manggunakan KDE atau GNOME sebagai Desktop standar, tetapi juga termasuk yang lain seperti Xfce dan twm.
  • Kesatuan Tema menyediakan konsistensi antara aplikasi dan lingkungan desktop.
  • Mandriva Linux menggunakan manajer paket disebut urpmi. Urpmi berfungsi sebagai pembungkus ke RPM sistem manajemen paket.
  • Live USB dari mandriva dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin
  • Mandriva Menyediakan beberapa edisi linux. beberapa tersedia secara bebas , dan  yang lain dijual secara online atau melalui jaringan penjualan resmi.

VERSI

Sejak 2007, mandriva ini dirilis pada bulan 6, siklus rilis tetap. mirip dengan Ubuntu dan Fedora.

Versi terbaru

Versi terbaru adalah Mandriva Linux 2010.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mandriva_Linux

http://en.wikipedia.org/wiki/Mandriva_Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: